Kamis, 24 Desember 2009

Google Latitude: Marauder's Map Harpot Di Dunia Nyata

Harry Potter membuka Peta Perompaknya dan berkata, "I solemnly swear that I am up to no good!" Maka muncullah posisi orang-orang dan teman-temannya di dalam peta perompak itu. Tapi ah itu cuman cerita khayalan JK. Rowling larrr...

Sekarang, berkat Google, Anda bisa punya Marauder's Map pribadi anda sendiri. Betul! Namanya Google Latitude.

Syaratnya, harus punya account GMail
Syarat tambahan adalah punya handphone ber-GPS, namun seandainya tidak ada, via komputer juga bisa.

Install saja Google Maps terlebih dahulu, kemudian masuk ke Menu Google Latitude dan aktifkan dengan account GMail Anda. Untuk mendapatkan instalasi Google Maps dari hape, bisa dari browser hape tujukan ke url: http://m.google.com.

Beberapa pertanyaan soal Google Latitude:
  • Cara kerjanya?
    Seperti IM model yahoo messenger lah. Cuman ini Anda diplot ke suatu posisi di dalam peta (Google Maps)

  • Saya bisa melihat semua teman saya?
    Seperti YM (Yahoo Messenger), anda harus add teman Anda dulu, dan teman Anda harus accept permintaan-add dari Anda

  • Saya bisa dilihat oleh siapa aja?
    Seperti YM, Hanya oleh orang yang Anda add dan accept.

  • Kalo kemudian saya musuhan sama teman saya itu?
    Seperti YM juga, Anda set aja invisible terhadap teman Anda itu

  • Kalo saya ingin melihat orang lain, namun ngga mau dilihat orang lain?
    Lagi-lagi seperti YM, Anda bisa set lagi invisible

  • Ada saran dalam penggunaan Google Latitude ini?
    Iya, jangan sembarang add orang atau accept permintaan add dari orang tidak dikenal. Posisi Anda lagi di mana (via GPS handphone) akan diketahui oleh orang tersebu. Juga jangan open terus-terusan posisi Anda via Google Latitude ini, soalnya selain posisi Anda terus-menerus disiarkan ke Google Maps, juga ini GPS menghabiskan tenaga baterai

  • Saran lainnya?
    Kalo bos Anda add Anda, pikirkan kembali untuk meng-accept-nya. Wakakaka

Tidak ada komentar: