Rabu, 27 Juni 2007

Membuat Account Gmail

Gmail adalah email berkapasitas 2 GB yang disediakan Google dengan berbagai fasilitas yang sangat berguna. Salah satu fitur menarik dari Gmail adalah POP3. Dengan fitur ini kita bisa mengelola email kita lewat sebuah program management-email. Artinya, kita bisa mendownload seluruh email dari inbox kita di server Gmail di internet, lalu matikan internet, dan baca dari komputer kita secara offline. Fasilitas ini sangat berguna, terutama jika koneksi internet kita adalah dengan cara dial-up, yang dihitung per satuan waktu online.



Cara membuat (sign up) account Gmail:

#1. Buka
http://gmail.google.com
#2. Klik
sign-up for gmail di bagian kanan bawah layar

#3. Klik combo-box change language ke bahasa
indonesia jika diinginkan

#4. Masukan
nama depan dan nama belakang, dan id email yang diinginkan. Lalu cek ketersediaan id email kita, agar jangan menggunakan id email yang sudah digunakan orang lain. Jika sudah terpakai orang lain, ganti id tersebut sampai benar
#5. Masukkan
password kita sebanyak dua kali password yang sama. Kita memasukkan password dua kali untuk memastikan password yang kita masukkan adalah sebagaimana yang kita inginkan (karena yg muncul sewaktu kita mengetik hanyalah karakter bintang atau bulatan-bulatan yang belum tentu kita ketik dengan benar)

#6. Pilih sebuah
pertanyaan rahasia dan ketikkan jawabannya. Suatu saat ketika kita lupa password kita, Gmail akan menanyakan pertanyaan rahasia ini kepada kita. Jika kita mengetik jawabannya dengan benar sesuai dengan apa yg kita masukkan sebagai jawaban atas pertanyaan tersebut sekarang, maka password yang kita lupa tersebut akan diberitahukan kepada kita lagi.

#7. Isi kata
verifikasi ke dalam textboxt verifikasi data. Guna verifikasi ini adalah untuk menjamin bahwa Anda itu benar2 manusia yang sedang mendaftarkan e-mail, bukan virus atau program jahat lainnya yang dibuat untuk mendaftarkan diri secara otomatis kepada Gmail. Hanya manusia yang bisa membaca huruf yang bergelombang yang ditampilkan seperti itu untuk verifikasi.

#8. Baca persyaratan layanan Gmail, dan jika kita setuju, klik tombol "
Saya menerima. Buat account saya"

#9. Email kita sudah siap.



Cara masuk/menggunakan account Gmail:

#1. Buka
http://gmail.google.com
#2. Masukan
id email dan password
#3. Klik
sign-in

Tidak ada komentar: