Selasa, 13 November 2012

Tutorial Membagi (Split) File menggunakan 7z


Mengalami kesulitan mengirim email dengan lampiran file yang berukuran besar dengan format rar,zip, 7z dll. Disini kita akan membahas mengenai cara membagi file besar tersebut menjadi beberapa bagian menggunakan konversi dengan ekstensi 7-Zip (.7z) 


 1. Jalankan program 7z, dengan cara klik kanan file yang ingin dikonversi pilih 7-Zip lalu add to archive. Atau download disini programnya lalu install terlebih dahulu.



2. Lalu pilih archive dengan format yang kita inginkan ( .7z , .zip , .gzip , .tar dll) disini kita menggunakan .7z. Lalu split (bagi) file dengan ukuran byte yang kita inginkan dengan acuan 1 mb =  1048576 byte atau 1 kb = 1024 byte.












3. Seperti pada contoh gambar, file asli yang awalnya berukuran 7 mb setelah displit dan dikonvert ke 7-Zip dengan ukuran yang saya masukan yaitu 4mb atau sama dengan 4194304 byte, file tersebut terbagi menjadi 2 file. 


Hasil konversi tersebut jika ingin diekstrak lagi, cukup ekstrak salah satu file hasil konversi dengan syarat, semua file hasil konversi lengkap dan berada di lokasi atau folder yang sama.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Anak negeri indonesia juga membuat software Split File .... lebih cantik tampilan nya dan kuat. bisa cek di http://akbar-family.com/index.php/software/najwa-a6-split-file

Gratis loh gan...

Saya suka produk Indonesia bagaimana dengan anda ?